15 Makanan Penyehat Mata

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Nantslight - Buat yang ingin matanya sehat bisa membaca artikel di bawah ini.. (^_^)

Ghiboo.com - ​Mata merupakan indera penting bagi tubuh. Apa jadinya jika mata Anda rusak? Yup, dunia akan terlihat gelap dan tak berwarna.







Meski sudah tahu kegunaan mata itu sangat vital, masih banyak orang yang cuek untuk menjaga kesehatan mata. Padahal ada cara enak menjaga kesehatan mata melalui mengonsumsi makanan yang baik untuk mata.

Nutrisi yang penting untuk mata bisa Anda temukan dalam 15 makanan berikut, yang dilansir melalui Medicaldaily (22/6).

Salmon, Tuna, Sarden dan Halibut
Ikan air dingin seperti salmon, tuna, halibut dan sarden mengandung asam lemak omega-3. Mengonsumsi jenis ikan ini akan memberikan efek obat tetes mata alami. Omega-3 bisa mengurangi gejala mata kering, seperti rasa perih, kemerahan dan gangguan penglihatan. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa omega-3 bisa menguruangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Paprika merah, hijau dan kuning
Mengonsumsi lima dari sembilan sayuran berwarna cerah setiap hari akan memberikan asupan antioksidan (lutein) yang cukup. Selain melindungi sel dari bahaya kanker, buah yang sering digunakan untuk campuran salad ini juga dapat meningkatkan kesehatan mata dengan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh yang memicu berbagai penyakit mata berkaitan dengan pertambahan usia.

Ubi jalar, wortel dan blewah
Semuan makanan ini mengandung pro vitamin A karotenoid tingkat tinggi dan juga sumber beta karotin, yang dibutuhkan bagi kesehatan mata. Vitamin A membantu mengobati kondisi mata kering dan membuat selaput pada permukaan mata dan kulit lebih kuat. Sehingga bisa menangkal terhadap infeksi bakteri dan virus.

Nutrisi dalam makanan tersebut juga membantu melindungi kornea mata, sehingga sangat penting untuk penglihatan yang sehat pada semua orang dari segala usia. Bonusnya, makanan bervitamin A bisa membantu menguatkan dan menyehatkan tulang serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daging ayam, sapi, hati, keju dan susu
Tak hanya sayuran dan buah, makanan yang berasal dari hewan juga merupakan sumber vitamin A retinol untuk melindungi dan memperkuat kesehatan mata. Penelitian membuktikan bahwa vitamin A dari keempat makanan ini memainkan peran penting dalam mengurangi risiko degenerasi makula.

Kombinasi vitamin A dan lutein juga baik untuk penderita retinitis pigmentosa. Selain itu, daging sangat kaya akan protein, zat besi dan zinc yang merupakan komponen penting dan berkhasiat untuk kesehatan mata.

Semoga Bermanfaat..
 (^_^)
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment