Membuat Gunting Batu Kertas Sederhana dengan vb 6.0



Assalamu’alaikum Wr.Wb

Nantslight – Udah lama nih nggak posting.. (^_^) Dikarenakan tugas kuliah tiap minggunya sehingga kebutuhan bloging jadi saya selatankan bukan saya utarakan.. :D. Mungkin agan-agan yang penggemar Windows pasti sudah nyicip yang namanya windows 8..? ya kan.. pastinya iya.. Like me.. (^_^) 


Di windows 8 ini katanya banyak software lama yang nggak kompatibel dengan os yang baru ini.. katanya sih yang nggk kompatibel dengan os yang satu  ini suruh download komponen apa gitu di os yang kompatibel. Misal aplikasi a cocok di xp tidak cocok di win8, maka kta download tuh ..... win-xp. Nah masalahnya saya lupa titik-titiknya itu bunyinya apa.. :D

Tapi tenang postingan ini nggak membahas tentang titik-titik itu. Lepas dari titik-titik, dlu saya sempat membuat program atau aplikasi dengan visual basic 6.0. yang kompatibel dengan win-xp dan win7, dan ternyatadi windows 8 punbisa jalan. Contohnya saja aplikasi yang saya buat ini.. masih belum saya beri variasi yang macam-macam Cuma apa kadarnya saja..

Aplikasi yang saya buat, cenderung ke game, soalnya namanya saja gunting batu kertas, game yang terinspirasi dari permainan janken di episode naruto waktu shino curiga dengan satu timnya apa beneran teman sendiri atau musuh yang menyamar jadi temannya.. buat yang narutolover pasti tahu ya.. :D

Sedikit penjelasan tentang bagaimana proses program ini berjalan. Pada tampilan pertama saya menggunakan tampilan form yang sederhana. Like this..



Ada dua macam mode di permainan yang saya buat. Dewekan dan ambi batur. Untuk selanjutnya saya jelaskan mode ambi batur terlebih dahulu.



Di mode ambi batur, ada kolom aku dan baturku. Di form ini saya menggunakan variabel a dan b. a untuk aku dan b untuk baturku. Dan terjadi pemberian nilai pada variabel a dan b. untuk gunting pemberian nilai a adalah 1, batu = 2, kertas = 3. Nah jika aku sudah menekan salah satu misalkan gunting maka variabel a bernilai 1, kemudian kolom aku akan muncul tulisan ngunci dan tombol-tombolnya hilang. Lalu di kolom baturku tulisan nunggu hilang dan tombol-tomblnya pada muncul, nah saat inilah program menyuruh user untuk memberikan nilai pada variabel b. di tombol tandingne-lah terjadi pengondisian if. Jika a = 1 dan b=1 maka imbang. Dst. Jika kita klik maneh maka program akan mengulang permainan bukan mengulang program. Jika kita menekan ngarep maka akan kembali ke awal mwmbuka program tadi.



Untuk dewekan mode di sini saya menggunakan sebuah timer. Sebenernya di form yang dewekan mode ini ada 1 label yang tersembunyi. Jadi ketika kita memulai dewekan mode timer otomatis berjalan. Saya gunaakan timer untuk mengacak angka. Jika labelnya tidak saya sembunyikan maka akan nampak angka acak di label tersebut. Jika user me-klik stop maka timer berhenti dan label tersembunyi tersebut akan bertuliskan angka 0 atau 1 atau 2. Dengan rumus b = label3.caption +1 maka jika label3 berhenti di nomor 2 maka akan di tambah dengan 1 menadi 3, dan seperti halnya di ambi batur mode jika variabel b bernilai 1 maka akan menampilkan gunting 2 = batu dan 3 = kertas. Dan untuk tombol lainnya sama dengan di ambi batur mode.

Bila agan tertarik mencobanya silahkan download di sini.
Soal Password rar-nya ada di salah satu gambar di atas. dan saya ikutkan di program.. :D

Semoga Bermanfat..
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

One Response to this post

  1. Unknown on 6 October 2013 at 09:38

    cara membuatnya gimana gan?

Leave a comment