Contoh Penggunaan Timer Sederhana (VB6.0)


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pada kesempatan kali ini saya masih share seputar Visual Basic 6.0 tentang penggunaan timer yang sederhana pula. Tapi perlu di ingat saya itu masih pembelajaran jadi kalau ada yang salah itu wajar sekali. Hhehehe.... Yang perlu dipersiapkan yaitu Ms VB 6.0 dan Secangkir Teh Hangat or dingin(sesuai selera)Wkwkwk...


Langkah pertama yaitu marilah kita berdoa dulu agar apa yang kita kerjakan lancar dan sesuai dengan keinginan. Aminn..

Langkah kedua buka Microsoft Visual Basic 6.0 kemudian pilih Standard Exe – Klik Open
 

Langkah Ketiga Minum Secangkir teh yang disiapkan tadi, Wkwkwkwk......... (^_^)

Langkah Keempat tambahkan 4 buah Label dan Satu buah Timer.Silahkan Properties fontnya di atur sesuai keinginan. Seperti di bawah ini.

-Label 1-
Caption = Hari
Font = Comic Sans MS

-Label 2-
Caption = Tanggal
Font = Monotype Corsiva

-Label3-
Caption = Tahun
Font = Arial

-Label 4-
Caption = Jam
Font = Time New Roman
 

Ubah Interval Timer1 menjadi 1000
 
Langkah Kelima klik 2x Timer yang ada di form, kemudian masukkan kode berikut. Karena saya orang Jawa maka saya bubuhkan sedikit kata bahasa jawa di dalam kode tersebut.

Private Sub Timer1_Timer()
Dim Saiki As Variant
Saiki = Now
Label1.Caption = Format(Saiki, "dddd")
Label2.Caption = Format(Saiki, "dd mmmm")
Label3.Caption = Format(Saiki, "yyyy")
Label4.Caption = Format(Saiki, "hh:mm:ss")
End Sub

Kemudian klik 2x Form lalu tambhakan kode berikut,

Private Sub Form_Load()
Label1.Caption = Format(Now, "dddd")
Label2.Caption = Format(Now, "dd mmmm")
Label3.Caption = Format(Now, "yyyy")
Label4.Caption = Format(Now, "hh:mm:ss")
End Sub

Langkah Keenam Klik F5 yang ada di keyboard lalu akan tampil seperti berikut :
 
Langkah Ketujuh habiskan teh yang sudah anda buat, bila anda membuatnya...

Sekian postingan dari saya, bagi yang mau sourcenya bisa langsung unduh di sini. Harap maklum kalau ada kesalahan dalam saya nge-post, karena saya masih newbee.
Semoga Bermanfaat....

Wassalamu’alaikum Wr.Wb
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment